Selamat datang di Site Berita Nasional Media Hapra Indonesia . Wartawan Hapra Indonesia dalam menjalankan tugas dibekali kartu wartawan dan bertugas sesuai penempatan yang dikeluarkan oleh Redaksi. Semua Anggota Hapra Indonesia, foto dan nama ada pada situs kami ini, tanpa ada nama dan foto di situs kami, oknkum tersebut BUKAN ANGGOTA HAPRA INDONESIA DAN SEGALA YANG DILAKUKAN DILUAR TANGGUNG JAWAB REDAKSI. LAPORKAN KE PIHAK KEPOLISIAN TERDEKAT

Senin, 09 April 2012

Obat Bodong Banyak Beredar Di Tulungagung


Tulungagung | Hapra Indonesia - Mahalnya biaya kesehatan, masih saja menjadi alasan klasik yang mendasari tumbuh dan berkembangnya perdagangan obat bodong. Sebut saja dengan istilah obat bodong karena obat tersebut tanpa nama, tanpa indikasi dan tanpa masa kedaluwarsa, meskipun obat yang dijual dalam kemasan yag sudah diracik atau dengan istilah setelan di indikasi bahwa obat-obatan tersebut adalah obat-obat yang sudah kedaluwarsa atau Experied date.
     Murah, harganya eceran berkisan antara Rp. 2000 s.d Rp 2.500,-. Makanya peredaran obat bodong ini sangat cepat. Pangsa pasar dari obat ini adalah golongan ekonomi menengah kebawah yang rata-rata berkantong tipis dan tidak  kurang memahami tentang obat, yang dibutuhkan adalah saat sakit dia minum obat dan sembuh.
    Salah satu petaka yang bisa muncul akibat pemakaian obat, karena sudah rusak maupun kadaluwarsa adalah zat aktif pada obat yang rusak bisa berubah bentuk, bahkan menjadi racun. Sedangkan untuk obat yang kadaluwarsa, aktivitas dan daya sembuhnya akan menurun dan dapat juga obat itu sudah rusak. Obat kadaluwarsa bukan hanya sekedar bisa berkurang guna dan manfaatnya, tapi akan mendatangkan bahaya. Baik obat kadaluwarsa     Kabag Umum   Dinas Kesehatan Tulungagung ketika ditunjukkan adanya obat-obat bodong tersebut mengatakan bahwa akan segera meminta jajarannya untuk melakukan razia atau penertiban terhadap barang bermasalah itu bersama dengan  Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM)  Tulungagung.(Ali)

BERITA SEBELUMNYA

  © HAPRA INDONESIA Media Group ...Berani.Cerdas . Realistis

Ke : HALAMAN UTAMA